Olahraga Panjat Tebing – Obat bagi Mental

JIKA Anda masih belum menemukan cara melampiaskan stres, mungkin saatnya menjajal panjat dinding. Penelitian Universitas Indiana, Amerika Serikat, menemukan pemanjat yang benar-benar bisa larut dalam aktivitas memanjat memiliki alam pikiran yang akan masuk ke fase euforia. Dalam fase ini tubuh bahkan dapat mengeblok rasa sakit.
Penelitian lainnya menemukan latihan memanjat akan mendorong produksi norepinefrin. Hormon itu berfungsi membantu keseimbangan otak dalam merespons stres. Bahkan beberapa peneliti menilai memanjat dapat menjadi terapi untuk berbagai masalah mental termasuk adiksi, depresi, dan anoreksia.
Manfaat keseimbangan mental itu pula yang dikatakan salah satu anggota tim panjat The North Face, Cedar Wright. “Dari sudut pandang mental, memanjat itu seperti guru yang sangat hebat, mengajarkan fokus, keseimbangan, determinasi, dan segala hal lainnya… menjadi sumber untuk segala kemampuan hidup yang sangat bernilai,” tutur pria yang juga penulis dan pembuat fi lm itu. Wright menambahkan tempat latihan panjat dinding, seperti yang kian menjamur di negara-negara Barat, ialah tempat paling baik untuk berlatih. Namun, untuk meningkatkan teknik, tidak ada yang dapat menggantikan tebing asli.
Soal memanjat di alam terbuka ini pula yang sesungguhnya memengaruhi manfaat olahraga itu terhadap mental. Pasalnya, olahraga panjat yang dilakukan di luar ruangan akan membawa manfaat lebih besar bagi tubuh.
Hal itu sejurus dengan hasil-hasil penelitian bahwa kegiatan luar ruangan dapat membantu mengurangi gejala gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD), memperkuat memori, mendorong kreativitas, bahkan memberi efek selayaknya minum kopi. (Huffington Post/Big/M-2)
Sumber : Koran Media Indonesia Tanggal 1 NOVEMBER 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: