Krisis Lingkungan Pertama di Dunia

Salah satu krisis lingkungan yang paling awal dalam sejarah dunia adalah di bidang pertanian. Krisis tersebut diyakini merupakan salah satu sebab runtuhnya Bangsa Sumeria (Peradaban Mesopotamia).

Menurut catatan-catatan di kuil peninggalan Sumeria, -ajaibnya masih ada-, sekitar 5000 tahun silam, bangsa Sumeria telah mampu mengembangkan sistem pertanian dengan lebih rumit diiringi hasil panenan yang lebih tinggi. Mereka menggunakan sistem pengairan baru, yang airnya diperoleh dari sungai Eufrat dan Tigris.

Namun seiring berlalunya waktu, panenan mereka mulai turun. Pada tahun 1700 Sebelum Masehi, orang-orang Sumeria begitu miskin, sampai-sampai banyak tanah yang ditinggalkan.

Ternyata, dengan mengaliri tanah, mereka tanpa sengaja mereka melarutkan garam yang terletak jauh di dalam tanah. Ketika air irigasi menguap terkena sinar matahari musim panas, garam tersisa sebagai kerak yang keras. Hal inilah yang menyebabkan kerusakan lahan pertanian mereka, yang secara tidak langsung meruntuhkan peradaban Bangsa Sumeria.

Masalah ini yang kita kenal dengan Salinasi, yang masih terjadi dan menjadi permasalahan saat ini.

Rangkuman….,*Bengkel Ilmu Ekologi*, David Burnie, Erlangga, 2005*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: