Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum_Bagian 1

Menurut Wikipedia, Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih. Administratif hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusan dari pemerintah, sementara hukum internasional mengatur persoalan antara berdaulat negara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan atau tindakan militer. filsuf Aristotles menyatakan bahwa “Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik dari pada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela.”

Hukum memiliki berbagai pengertian/ defenisi. Hampir semua ahli hukum memberikan defenisi hukum berlainan. Ini, setidak-tidaknya, untuk sebagian, dapat diterangkan oleh banyaknya segi dan bentuk, serta kebesaran hukum. Hukum banyak seginya dan demikian luasnya, sehingga tidak mungkin orang menyatukannya dalam satu rumus secara memuaskan (Van Appeldoorn).

Menurutnya, Hukum adalah masyarakat itu juga, hidup manusia itu sendiri, dilihat dari sudut yang tertentu, yakni sebagai pergaulan hidup yang teratur. Hal ini sejalan dengan adagium (peribahasa) Latin yang berbunyi “Ubi societas ibi justicia”, artinya di mana ada masyarakat dan kehidupan di sana ada hukum (keadilan)

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Hukum adalah
1. Peraturan yg dibuat oleh penguasa (pemerintah) atau adat yg berlaku bagi semua orang dl suatu masyarakat (negara);
2. Undang-undang, peraturan, dsb untuk mengatur pergaulan hidup dl masyarakat;
3. Patokan (kaidah, ketentuan) mengenai suatu peristiwa (alam dsb) yg tertentu; – alam;
4. Keputusan (pertimbangan) yg ditetapkan oleh hakim (dl pengadilan); vonis; –

Berbagai pendapat para pakar mengenai pengertian hukum
1. Aristoteles : “Particular law is that which each community lays down and applies to its own member. Universal law is the law of nature”.

2. Mayers menjelaskan bahwa pengertian hukum adalah semua aturan yang menyangkut kesusilaan dan ditujukan terhadap tingkah laku manusia dalam masyarakat serta sebagai pedoman bagi penguasa Negara dalam melaksanakan tugasnya.

3. Utrecht berpendapat bahwa pengertian hukum adalah himpunan perintah dan larangan untuk mencapai ketertiban dalam masyarakat dan oleh karenanya masyarakat harus mematuhinya.

4. Sudikno Mertokusumo menyatakan bahwa pengertian hukum adalah sekumpulan peraturan-peraturan atau kaidah-kaidah dalam suatu kehidupan bersama, keseluruhan peraturan tentang tingkah laku yang berlaku dalam kehidupan bersama yang dapat dipaksakan pelaksanaannya dengan suatu sanksi.

5. Prof. Mr Dr C. van Vollenhoven : pengertian hukum adalah “Recht is een verschijnsel in rusteloze wisselwerking van stuw en tegenstuw”.

6. Hukum menurut Tullius Cicerco (Romawi) dalam bukunya “ De Legibus”: pengertian Hukum adalah akal tertinggi yang ditanamkan oleh alam dalam diri manusia untuk menetapkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.

7. Hukum menurut Hugo Grotius (Hugo de Grot) dalam bukunya “ De Jure Belli Pacis” (Hukum Perang dan Damai), 1625: Hukum adalah aturan tentang tindakan moral yang mewajibkan apa yang benar.

8. Hukum menurut J.C.T. Simorangkir, SH dan Woerjono Sastropranoto, SH (diajarkan di SLTA) mengatakan bahwa : pengertian Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib.

Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……Pengertian, Fungsi, dan Tujuan – Hukum……

Dilanjut nanti lagi….cari kopi dan rokok dulu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: