Lagi, contoh Birokrat Keparat ….(DPRD LAMPUNG PENGEN NAEK GAJI KARENA GUBERNUR NAEK GAJI)

DPRD Lampung Usulkan Kenaikan Gaji (radar lampung, 12 agustus 2010)

BANDARLAMPUNG – DPRD Lampung rupanya tak mau kalah untuk urusan penghasilan. Wakil rakyat ini berencana menaikkan gaji mereka. Alasannya, kenaikan tersebut untuk mengimbangi gaji Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. Sebelumnya, gaji pokok gubernur sebesar Rp3 juta. Namun sejak Januari 2010 naik menjadi Rp6 juta lebih.

’’Hal itu kami lihat di DIPA (daftar isian perencanaan anggaran) 2010. Jumlah gaji gubernur setahunnya mencapai Rp75,8 juta. Berarti dalam sebulan menerima Rp6 juta lebih. Sementara gaji anggota DPRD Lampung 80 persen dari gaji gubernur,” kata Wakil Ketua DPRD Lampung Indra Ismail usai rapat laporan komisi-komisi kepada badan anggaran (banang) di ruang rapat utama DPRD setempat kemarin (11/8).

Politisi asal partai Golkar ini mengungkapkan, pada rapat tersebut juga ada wacana pengusulan penambahan mobil dinas di tiap-tiap komisi. Rencananya, sembilan mobil dinas yang ada di masing-masing fraksi akan ditarik untuk diberikan kepada masing-masing komisi.

’’Semua akan dibahas besok (hari ini, Red) dalam rapat pimpinan (rapim),” pungkasnya.

Untuk diketahui, pengaturan penghasilan anggota DPRD merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2004 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Pengaturan tersebut terdapat dalam bab III mulai pasal 10-23. Pada pasal 10 tertulis, penghasilan pimpinan dan anggota DPRD terdiri dari uang representasi, uang paket, tunjangan jabatan, tunjangan panitia musyawarah, tunjangan komisi, tunjangan panitia anggaran, tunjangan badan kehormatan, dan tunjangan alat kelengkapan lainnya.

Sementara dalam dalam pasal 11 disebutkan, pimpinan dan anggota DPRD diberi uang representasi dengan besaran bervariasi.

Uang representasi ketua DPRD provinsi setara dengan gaji pokok gubernur, dan wakilnya mendapat 80 persen dari uang representasi ketua dewan. Sementara itu, uang representasi anggota DPRD sebesar 75 persen dari uang representasi ketua dewan. (whk/ais)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: